Ini 5 Cara Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Wawancara kerja
Wawancara kerja memang tidak pernah semudah yang anda kira. Mungkin Anda sedang mencoba untuk mendapatkan pekerjaan pertama Anda, mungkin Anda kembali ke tempat kerja, atau mungkin Anda adalah seorang eksekutif berpengalaman yang ingin mengambil langkah lain menaiki tangga karier, baik untuk pekerjaan dibidang IT atau lainnya. Anda akan bertemu orang-orang baru, menjual diri Anda dan keterampilan Anda, dan sering mendapatkan gelar ketiga tentang apa yang Anda ketahui atau tidak tahu.

Berikut adalah beberapa tips wawancara kerja untuk membantu mempersiapkan Anda untuk wawancara secara efektif.

1. Buat riset Anda

Lakukan riset
Kita mengetahui bahwa kita takut pada apa yang tidak kita ketahui atau tidak bisa kita kontrol. Hilangkan beberapa ketakutan ini dengan mempelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan, budaya, dan yang terpenting pekerjaan. Internet adalah sumber informasi yang sangat baik. Periksa situs web perusahaan atau hubungi perusahaan dan minta mereka untuk mengirim literatur perusahaan jika mereka tidak memiliki situs web. Tidak ada alasan untuk tidak meneliti perusahaan. Lihat juga perkembangan terbaru dalam industri ini sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan percaya diri.

2. Latih jawaban Anda

Latih diri anda
Meskipun tidak ada format yang ditetapkan yang akan diikuti oleh setiap wawancara kerja, ada beberapa pertanyaan yang hampir dapat Anda jamin akan muncul. Baca deskripsi pekerjaan dan spesifikasi orang secara menyeluruh. Duduk dengan CV Anda, notepad profesional tidak berantakan dan rincian pekerjaan di depan Anda serta poin SEMUA keterampilan yang Anda miliki yang sesuai dengan persyaratan. Anda bisa mendapatkan teman atau kerabat yang baik, lebih disukai yang memiliki atau memiliki pengalaman dalam peran yang sama untuk mengajukan pertanyaan tentang CV Anda, peran, dan beberapa pertanyaan wawancara umum.

3. Penampilan

Perhatikan penampilan
Penampilan Anda menunjukan seperti apa Anda bahkan sebelum Anda mengucapkan sepatah kata pun. Selalu kenakan setelan pakaian korporat yang cerdas dalam warna gelap, kecuali jika Anda disarankan untuk mengenai pakaian sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang hendak Anda lamar. Kenakan pakaian yang membuat Anda nyaman, sehingga Anda bisa melupakan penampilan dan melanjutkan penjualan diri Anda. Rok wanita tidak boleh terlalu jauh di atas lutut. Kemeja dan blus harus ditekan. Blus untuk wanita lebih disukai, tetapi atasan tanpa kerah baik-baik saja, asalkan polos dan tanpa logo busana. Berpakaian satu tingkat di atas pekerjaan yang Anda lamar menunjukkan keinginan untuk berhasil.

4. Rencanakan perjalanan Anda dan tetap tenang selama wawancara

Buat perencanaan
Persiapan yang baik adalah kunci untuk tetap memegang kendali. Rencanakan rute Anda, berikan waktu ekstra untuk penundaan yang tak terduga, dan siapkan segala yang dibutuhkan untuk Anda sedia malam sebelumnya. Ingatlah untuk berbicara dengan jelas, tersenyum dan ingat bahwa pewawancara Anda hanya orang biasa, dan mungkin juga gugup! Tunggu untuk diminta duduk, duduk dengan nyaman, cermati postur mereka yang melakukan wawancara, tetapi jangan bungkuk. Jangan gelisah, mainkan ibu jari Anda atau mainkan dengan pena Anda. Ini menunjukkan Anda gugup. Sebaliknya, pertahankan kontak mata yang baik dan tunjukkan minat pada apa yang dikatakan pewawancara.

5. Beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan

Beri pertanyaan
Dalam pasar kerja yang sangat kompetitif, menginterogasi pewawancara Anda bukanlah taktik bodoh yang mungkin Anda takuti. Jika Anda berhadapan dengan kandidat yang umur, tingkat pengetahuan, kemampuan akademisnya, aktivitasnya di tahun kesenjangan dan aspirasi secara luas cocok dengan Anda, pertanyaan yang Anda ajukan mungkin merupakan taruhan terbaik untuk membedakan diri Anda dengan gaya dari rekan-rekan Anda.

Cari tahu mengapa pekerjaan itu terbuka, siapa yang bertahan dan apa yang terjadi padanya? Berapa banyak orang yang memegang posisi ini dalam beberapa tahun terakhir?
Kepada siapa Anda akan melaporkan? Apakah Anda akan mendapat kesempatan untuk bertemu orang itu?
Jenis pelatihan apa yang dibutuhkan dan berapa lama?
Apa tugas pertama Anda?
Apa peluang realistis untuk pertumbuhan dalam pekerjaan? Di mana peluang untuk pertumbuhan terbesar dalam perusahaan?

Diatas merupakan 5 cara Mempersiapkan Wawancara Kerja yang perlu anda ketahui, coba lakukan dan praktikan ke diri anda sendiri dan jangan lupa untuk selalu mencoba dan jangan gampang menyerah. Semoga cara yang kami berikan di artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung, Have a nice day!

1 Komentar untuk "Ini 5 Cara Mempersiapkan Wawancara Kerja yang Perlu Anda Ketahui"

Iklan Bawah Artikel