5 Sistem Operasi Terkecil Kurang Dari 100MB

Biasanya sistem Operasi berada dalam GB seperti windows 8, 10 atau Kali LINUX. Beberapa orang masih mengandalkan sistem lama tetapi teknologi dan perangkat lunak tumbuh dari hari ke hari, jadi wajib untuk memperbarui sistem Anda dengan perangkat lunak terbaru. Perangkat keras yang diberikan komputer di depan perangkat lunak modern.


Jangan khawatir masih ada begitu banyak sistem operasi yang mendukung komputer kakek. Di sini saya telah membuat daftar beberapa sistem operasi mikro, kecil dan portabel yang dapat dijalankan pada 80 MB RAM. Beberapa OS mendukung floppy disk untuk mem-boot darinya. Sistem operasi ini sangat ringan dan menawarkan kemampuan untuk menjalankan sistem operasi dari USB stick atau kartu memori, itu sebabnya itu disebut sistem operasi Portable. Sistem operasi ini boot langsung dari USB dan memuat pada RAM. Ini 100% aman, jika Anda akan kagum ketika Anda mencoba di atas sistem Operasi. Ini tidak akan membahayakan OS yang sudah diinstal sebelumnya di komputer.

1. KolibriOS: OS GUI Terkecil

Kolibri adalah sistem operasi GUI terkecil. Itu dipotong dari MenuetOS. Ditulis sepenuhnya dalam bahasa assembly, tersedia dalam dua versi: 1.44MB dengan fitur-fitur penting dan 3MB dengan fitur-fitur tambahan. Meskipun cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam disket, Kolibri adalah antarmuka pengguna grafis yang lengkap dan berfungsi.


Kolibri dapat di-boot menggunakan floppy disk, disk optik, flash drive, atau hard disk drive. Itu dapat membaca banyak sistem file termasuk FAT32, NTFS, dan EXT3 / 4. Ini memiliki aplikasi untuk semua tugas komputasi dasar, seperti editor teks, klien email, klien HTTP, dll.

Anda bisa mencoba langsung OS ini dengan mengunjungi web resmi KolibriOS: kolibrios.org/en/download


2. SliTaz

Jika Anda ingin meremajakan PC lama itu dan tetap aman, periksa SLiTaz. Meskipun distro Linux ini ringan, tidak ada kompromi dengan keamanan. Mempertahankan kinerja tinggi, SLitTaz menggunakan Linux Kernel dan perangkat lunak GNU. Diinstal pada hard drive tradisional, SliTaz sangat cocok untuk CD live. SliTaz dapat digunakan pada segala hal mulai dari PC yang menua ke server atau bahkan perangkat ARM kecil seperti Raspberry Pi. Bahkan ada fitur roll distro Anda sendiri.

Sistem file root hanya 100 MB, dan gambar ISO kurang dari 40 MB. Fitur yang rapi termasuk server FTP / web yang ditenagai oleh Busybox, klien Dropbear SSH, SQLite, dan desktop Openbox yang menyenangkan yang dijalankan pada Xvesa / Xorg.

Anda bisa mencoba langsung OS ini dengan mengunjungi web resmi SliTaz: slitaz.org/en/get/

3. Tiny Core LINUX | Sistem Operasi Portabel [10MB]

LINUX Tiny core adalah OS mikro lain seperti OS Kolibri. CorePlus menawarkan cara sederhana untuk memulai menggunakan filosofi Core dengan ekstensi yang disertakan dalam komunitasnya yang memungkinkan pemasangan yang mudah dari segi hemat atau pendrive dari pilihan desktop yang didukung pengguna, dengan tetap mempertahankan prinsip Core. ekstensi yang dipasang dengan manajemen paket lengkap. Linux. Tiny Core menggunakan Linux Kernel dan seperangkat alat baris perintah (antarmuka teks) termasuk busybox.


Cepat sekali. Tidak seperti kebanyakan sistem operasi, Tiny Core dapat berjalan sepenuhnya dari RAM. Orang-orang yang memiliki cadangan RAM bahkan dapat menggunakan Tiny Core untuk memuat dan menjalankan program mereka dari RAM (Anda tidak tahu komputer Anda bisa menjalankan Open Office dan Firefox dengan sangat cepat). Pengguna berpengalaman masih dapat menginstal Tiny Core ke disk, tetapi Tiny Core dapat berjalan dalam RAM 48 megabyte ... atau kurang.
Tiny Core tersedia dalam 3 varian:
Core [10MB]: Core adalah sistem basis yang hanya menyediakan antarmuka baris perintah dan karenanya direkomendasikan untuk pengguna berpengalaman saja. Ideal untuk server, peralatan, dan desktop khusus.
Tiny Core [15MB]: TinyCore adalah opsi yang disarankan untuk pengguna baru yang memiliki koneksi jaringan kabel. Ini mencakup sistem Core dasar ditambah ekstensi X / GUI untuk lingkungan desktop grafis FLTK / FLWM yang dinamis.
Core Plus [86MB]: CorePlus adalah gambar instalasi dan bukan distribusi. Dengan banyak fitur lebih maju seperti dukungan jaringan nirkabel.

Anda bisa mencoba langsung OS ini dengan mengunjungi web resmi: TinyCoreLinux/get

4. Damn Small Linux | Sistem Operasi Portabel [50MB]

Damn Small Linux adalah sistem operasi Linux kecil sekitar 50MB yang dapat dijalankan dari USB flash drive dalam RAM dalam 16MB. Ini tidak hanya kecil tetapi dilengkapi dengan sistem operasi cepat. Ini memiliki desktop yang hampir lengkap, dan inti kecil dari alat baris perintah. Semua aplikasi dipilih dengan keseimbangan fungsi, ukuran, dan kecepatan terbaik.


Anda bisa mencoba langsung OS ini dengan mengunjungi web resmi: damnsmalllinux.org/get

5.] Puppy Linux | Sistem Operasi Portabel [80MB]

Puppy Linux adalah Sistem Operasi Linus yang memiliki startup cepat bahkan di PC lama dan tidak memerlukan perangkat lunak antivirus. Mengelola Puppy cepat dan minimal. Mudah diatur karena Puppy Linux dapat dijalankan dari CD, DVD atau USB flash drive. Ini juga cepat memuat, dalam waktu kurang dari satu menit karena Puppy Linux kecil. Anak anjing memiliki ukuran sekitar 100 MB, atau sekitar 256 MB dengan OpenOffice. 

Anda bisa mencoba langsung OS ini dengan mengunjungi web resmi Puppy Linux: puppylinux.com/get

1 Komentar untuk "5 Sistem Operasi Terkecil Kurang Dari 100MB"

Iklan Bawah Artikel