Android 10 Tidak Menggunakan Code Name Q dan Nama Makanan Lagi!! Berikut Fitur Baru yang Hadir

Versi Android berikutnya segera hadir dalam waktu dekat. Hadir dengan segudang fitur baru yang revolusioner, memiliki fokus baru pada privasi, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Android dengan tidak memiliki nama makanan penutup yang enak seperti pada versi-versi sebelumnya. 😱

Benar sekali. Android Q secara resmi disebut Android 10, dan itu hadir dengan membawa banyak fitur baru. Ingin tau apa saja yang baru? Ini semua yang perlu Anda ketahui!


  • Google selesai menamai versi Android dengan nama makanan penutup
  • Beta publik sudah tersedia sekarang
  • 15 fitur favorit teratas baru
  • Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada tombol kembali
  • MODE DARK RESMI
  • Anda akan menemukan beberapa opsi tema baru
  • Fitur Live Caption yang luar biasa keren
  • Izin aplikasi mendapatkan perbaikan
  • Menu bagikan atau share baru
  • Ponsel yang dapat dilipat secara bawaan telah didukung
  • Dirilis 2019 ini
  • Tidak ada nama makanan penutup - Android Q hanya "Android 10"


Selama beberapa bulan terakhir, ada banyak sekali spekulasi tak berujung tentang nama Android Q. Sejak Android 1.5 Cupcake, setiap versi Android telah memiliki nama makanan penutup yang enak untuk menemaninya. Namun, dengan Android Q, banyak hal berubah.


Google secara resmi selesai dengan menggunakan nama pencuci mulut dan alih-alih beralih ke skema penamaan numerik yang lebih sederhana. Dengan demikian, nama resmi Android Q hanyalah "Android 10."

Ya, itu terdengar agak membosankan, tapi itu semua bagian dari rebrand yang lebih besar yang dimiliki Google untuk Android secara keseluruhan.


Versi Publik Beta sekarang sudah dapat dicoba untuk beberapa ponsel Android

Android 10 Tidak Menggunakan Code Name Q dan Nama Makanan Lagi!! Berikut Fitur Baru yang Hadir

Biasanya dengan rilis versi baru Android, Google meluncurkan versi pratinjau pengembang untuk versi Android berikutnya pada bulan Maret, ditindaklanjuti dengan beta publik yang dapat diikuti oleh siapa saja pada bulan Mei ketika menyelenggarakan konferensi Google I / O tahunan.

Tahun ini, Google memutuskan untuk melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dengan mendorong pratinjau pengembang pertama dan beta publik pada hari yang sama pada 13 Maret 2019. Pada tanggal 3 April 2019, Beta 2 dirilis dengan beberapa perbaikan dari bug dan fitur baru. Ini diikuti dengan Beta 3 yang diluncurkan Google pada 7 Mei 2019 selama konferensi I / O tahunannya, dan pada 5 Juni 2019, Beta 4 memulai debutnya. Beta 5 turun pada 10 Juli 2019, dan yang terbaru, Beta 6 (versi beta terakhir) diluncurkan pada 7 Agustus 2019.

Selain ponsel Pixel, Anda juga dapat mendaftar untuk mencoba Android 10 beta untuk OnePlus 6T, Sony Xperia Z3, dan LG G8. Faktanya, beta ini hadir untuk 20 ponsel di 12 produsen. Setelah masuk ke akun Anda dan memilih perangkat yang ingin Anda daftarkan dalam versi beta Android 10, Anda akan menerima pembaruan over-the-air di ponsel Anda untuk mengunduh dan menginstal Android 10.

Tombol kembali ikonik akan hilang

Android 10 Tidak Menggunakan Code Name Q dan Nama Makanan Lagi!! Berikut Fitur Baru yang Hadir

Tombol kembali, yang merupakan bagian pokok navigasi Android, secara resmi hilang pada Android 10.

Menindaklanjuti navigasi berbasis gestur pada versi android sebelumnya yaitu PIE yang menjaga tombol kembali, pada Android 10 sekarang menggunakan fitur metode navigasi berbasis gesture sepenuhnya. Menggeser ke home, geser ke atas dan tahan mengungkapkan menu multitasking, dan gesek dari tepi kiri atau kanan layar Anda akan kembali.

Itu adalah perubahan yang cukup besar pada navigasi Android, dan menurut Google, itu mengembangkan desain aplikasi sehingga gesekan pertama akan membuka menu samping dan swipe ganda akan membawa Anda kembali.

Akhirnya ada mode gelap bawaan sistem!

Mode gelap pada android q 10

HOOOORRRAAYYYY !!!

Setelah bertahun-tahun pengguna Android menginginkan hadirnya Mode Dark pada Android, Kini Google mengonfirmasi bahwa Android 10 akan memiliki mode gelap sistem atau dark mode yang dapat dinyalakan dan dimatikan kapan saja melalui Pengaturan Cepat.

Lebih baik lagi, Google juga membuat API baru yang dapat digunakan pengembang untuk membuat aplikasi mereka pergi ke tema gelap juga ketika sistem-bar digulir.

Pilihan Tema Sistem Baru

Android 10 Tidak Menggunakan Code Name Q dan Nama Makanan Lagi!! Berikut Fitur Baru yang Hadir

kini Android 10 terdapat fitur theming accent warna pada aplikasi sistem dan system UI. Hadir pertama kali dalam opsi pengembang di Beta 1, ada pengaturan untuk mengubah warna aksen seluruh UI. Pada 7 Agustus dan Beta 6, warna yang tersedia meliputi:

  • Biru (default)
  • Hitam
  • hijau
  • Ungu
  • Kayu manis
  • Samudra
  • Ruang
  • Anggrek

Di Beta 2, aplikasi baru muncul yang disebut "Tema Pixel." Meskipun belum berfungsi sempurna, diperkirakan bahwa ini adalah tempat kustomisasi dan ini akan hadir sepenuhnya di versi final.

Live Caption mentranskripsikan suara menjadi teks dalam Real Time

Live Caption mentranskripsikan suara menjadi teks dalam Real Time

Teks caption otomatis sangat berguna bagi orang tuli dan sulit mendengar untuk memahami apa yang dikatakan dalam video, podcast, game, atau bentuk media lainnya di mana kata-kata diucapkan, Android 10 hadir dengan fitur yang disebut "Live Caption."

Live Caption dapat memberikan teks secara Real Time untuk hampir semua hal di ponsel Anda di mana seseorang berbicara, dan bagian terbaiknya adalah hal itu terjadi secara offline di perangkat. Dengan kata lain, tidak diperlukan koneksi internet apa pun.

Anda dapat mengaktifkan Live Caption melalui pengaturan aksesibilitas Android 10, dan bagi banyak pengguna, ini akan menjadi anugerah tersendiri.

Perubahan besar terjadi pada Permission

Perubahan besar terjadi pada Permission

Privasi adalah hal yang penting bagi setiap oranag, dan dengan Android 10, Google menerapkan beberapa fitur baru untuk izin aplikasi untuk membantu memberi Anda pemahaman yang lebih baik dan kontrol lebih besar atas apa yang sebenarnya diakses oleh aplikasi di ponsel Anda.

Menurut posting blog Google, aplikasi yang menanyakan lokasi Anda sekarang akan mengungkapkan pop-up baru yang menanyakan apakah Anda ingin memberikan akses lokasi sepanjang waktu, hanya ketika aplikasi sedang digunakan, atau tidak sama sekali.

Selanjutnya, Google mencatat bahwa:

Di Android Q, OS memberi pengguna kontrol lebih besar atas aplikasi, mengendalikan akses ke file bersama. Pengguna akan dapat mengontrol akses aplikasi ke Foto dan Video atau koleksi Audio melalui izin runtime baru. Untuk Unduhan, aplikasi harus menggunakan pemilih file sistem, yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan file Unduhan mana yang dapat diakses aplikasi.
Perubahan besar terjadi pada Permission

Halaman "Penggunaan izin" pada Pengaturan telah sepenuhnya dirombak untuk menunjukkan izin mana yang digunakan oleh berapa banyak aplikasi yang Anda miliki, kemampuan untuk memfilter berdasarkan izin untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan izin khusus tertentu, dan UI baru untuk "Info aplikasi."

Dukungan yang lebih baik untuk ponsel yang dapat dilipat


2019 akan menjadi tahun di mana ponsel lipat akhirnya masuk pasar, dan untuk memastikan pengalaman perangkat baru ini sebaik mungkin, Google dalam Android 10 mengoptimalkan dengan fitur dan pengalaman khusus yang lebih baik untuk Ponsel yang dapat dilipat.

Menurut Google:

Untuk membantu aplikasi Anda memanfaatkan ini dan perangkat layar besar lainnya, kami telah membuat sejumlah peningkatan di Android Q, termasuk perubahan padaResume dan onPause untuk mendukung multi-resume dan memberi tahu aplikasi Anda ketika itu fokus. Kami juga telah mengubah cara kerja atribut manifes resizeableActivity, untuk membantu Anda mengelola cara aplikasi Anda ditampilkan di layar lipat dan besar.

Perubahan ini jelas dimaksudkan untuk pengembang, tetapi pada akhirnya, itu akan menghasilkan Android 10 dioptimalkan dengan benar untuk lipatan dari semua bentuk dan ukuran.

Kapan akan dirilis?

Jadwal Rilis Android 10 q

Pada 13 Maret 2019, Android 10 Beta 1 diluncurkan di beberapa ponsel dan tersedia untuk diunduh pada seri Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3. Beta 2 dirilis pada 3 April, Beta 3 debut pada 7 Mei selama Google I / O, Beta 4 tiba pada 5 Juni, Beta 5 hit pada 10 Juli, dan Beta 6 muncul pada 7 Agustus.

Sekarang, kita hanya menunggu build final dari Android 10 dirilis pada beberapa waktu sebelum Q3 berakhir.

Belum ada Komentar untuk "Android 10 Tidak Menggunakan Code Name Q dan Nama Makanan Lagi!! Berikut Fitur Baru yang Hadir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel